Ahad, 10 Mac 2013

Macam-Macam Kue Basah Istimewah

6 Aneka Resep Membuat Kue Basah Indonesia Paling Istimewa


Aneka kue basah telah ada sejak lama di Indonesia, kebanyakan merupakan kue tradisional khas dari berbagai daerah. Kue Basah memang disukai banyak orang indonesia karena rasanya yang enak dan lezat. Apalagi aneka resep kue basah juga relative mudah pembuatannya. Bahan kue basah tradisional yang kebanyakan menggunakan bahan santan menyebabkan kue kue ini tidak bertahan lama.
Ada banyak kue  basah indonesia yang termasuk dalam kategori kue basah tradisional asli indonesia seperti kue basah talam, kue mangkuk, kue basah apem, kue klepon, kue basah kamir, kue bugis, kue basah cantik manis dan masih banyak lagi. Selain kue basah tradisional ada juga kue basah modern asli nusantara dan yang dipengaruhi oleh kue dari luar Indonesia seperti brownies kukus, bolu kemojo, lapis surabaya, kue sarang semut dan banyak lagi.
Bagi anda yang ingin mencari resep aneka kue basah kami sajikan beberapa aneka resep kue basah yang paling populer di Indonesia. Karena banyaknya aneka jenis kue basah kami hanya tampilkan beberapa saja. Untuk resep kue basah yang lain bisa anda cari di website masak kue. Berikut  Aneka Resep Membuat Kue Basah Indonesia yang Istimewa.
6. Resep Kue Basah | Kue Ku Kacang Hijau
Kue Ku atau kue kura kura, merupakan kue basah tradisional indonesia yang enak dengan isi kacang hijau yang manis. Kue basah ini cukup mudah kita temukan di pasar pasar tradisional. Berikut resep aneka kue basah - Kue Ku
Bahan Membuat Kulit Kue Ku Kacang Hijau
tepung ketan 220 gram 
tepung beras 50 gram 
kentang kukus 100 gram ( haluskan )
air 200 cc 
minyak 20 cc 
Garam secukupnya
Pewarna Makanan secukupnya
Bahan Membuat isi Kue Ku isi Kacang Hijau :
kacang hijau 80 gram  ( rebus, haluskan )
gula pasir 150 gram 
santan kental 50 cc 
air matang 200 cc 
wijen 2 sdm
Garam secukupnya
Cara Membuat Kue Ku Kacang Hijau:
  • Membuat adonan kulit :Ayak tepung beras dan tepung ketan lalu Tuangkan air masak sedikit sedikit. Aduk sampai lembut menggunakan sendok kayu.
  • Tambahkan minyak lalu aduk sampai merata. Tutup adonan kue kue mamakai kain bersih basah. Diamkan sekitar 30 menit. Bentuk bulat, Sisihkan
  • Membuat adonan isi : campurkan kacang hijau, gula pasir, wijen, dan garam tambahkan santan dan air. Masak adonan isi sambil diaduk sampai adonan kalis dan dapat di pulung. Bentuk bulat lebih kecil dari adonan kulit.
  • Pipihkan adonan kulit kemudian isi dengan adonan isi. Tutup lalu cetak adonan dengan cetakan kue ku.
  • Lapisi bagian bawah dengan daun pisang, panaskan kukusan kemudian kukus selama 15 menit. Agar matang sempurna panci pengukus harus sering di buka tutup ketika mengukus.
5. Resep Kue Basah | Kue Bingka Kentang
Kue bingka merupakan kue basah tradisional khas Banjar. Dahulu Kue bingka kentang hanya disajikan pada saat acara acara tertentu oleh suku banjar. Rasa kue ini manis dan legit dengan tektur yang lembut seperti bolu kemojo. Berikut cara membuat kue bingka kentang.


Bahan Membuat Kue Bingka Kentang:

telur bebek 3 butir 
tepung terigu 75 g ( protein sedang )
kentang 300 g ( rebus, kupas dan haluskan )
gula pasir 75 g 
vanili 1/2 sdt 
garam 1/2 sdt 
1 butir kelapa ( buat santan 100 ml )
mentega 1 sdm  ( untuk olesan )
Cara membuat Kue Bingka Kentang:
  • Ayak tepung terigu terlebih dahulu kemudian campurkan dengan gula pasir, kentang, vanili dan garam. Aduk rata kemudian masukkan air santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata. Sisihkan
  • Siapkan loyang kue bingka. Oleskan minyak pada permukaan loyang. Sisihkan.
  • KOcok telur bebek sampai mengembang kemudian masukkan adonan kentang sedikit sedikit sambil di aduk rata.
  • Panaskan loyang kue bingka dengan api sedang sampai panas betul. Selanjutnya tuangkan adonan ke loyang. Ratakan dan tutup.
  • Kecilkan api, panggang kue bikang sampai permukaan kue kuning kecoklatan. ANgkat dan dinginkan. Kue bikang kentang istimewa siap disajikan.
4. Resep Kue Basah | Kue Apem Gula Jawa
Paduan rasa istimewa kue apem bisa kita rasakan hanya dari melihat kue ini saja. Ingin yang lebih manis dan legit cobalah kue apem dengan bahan gula jawa. Rasanya dijamin enak dan tak terlupakan, silakan di coba resep membuat kue apem gula jawa berikut ini kalau tidak percaya.
Bahan Membuat Kue Apem Gula Jawa :
tepung beras 150 gram 
tepung terigu 100 gram ( protein sedang )
gula jawa 150 gram 
air kelapa 175 ml 
daun pandan 1 lembar 
ragi instan 1/2 sdt 
kelapa 1/2 butir  ( buat santan 180 ml ) 
garam 1/2 sdt 
bumbu spekuk 1 sdt
baking powder 1 sdt 
Bahan taburan apem gula merah ( kukus ) :
kelapa parut 100 gram
garam 1/4 sdt 
daun pandan 1 lembar 
Cara membuat apem gula jawa:
  • Rebbus gula Jawa dengan air kelapa serta daun pandan sambil diaduk hingga gula melarut. Saring. Ambil 225 ml air gula jawa hangat.
  • Tuangkan air gula sedikit demi sedikit ke dalam tepung beras sambil diuleni hingga lembut. Dinginkan.
  • Jika sudah dingin tambahkan tepung terigu, ragi, garam dan santan serta bumbu spekuk. Kocok selama 15 menit dengan kecepatan rendah. Diamkan selama 30 menit.
  • Tambahkan baking powder. Aduk sampai rata.
  • Panaskan cetakan kecil apem, Tuangkan adonan ke dalam cetakan kecil. Kukus selama 30 menit dengan api besar hingga kue apem matang. Angkat dan sajikan dengan taburan parutan kelapa.
3. Resep Kue Basah | Kue Bolu Kukus Coklat Mekar
Bolu kukus bukan lah bolu biasa, bolu tradisional khas nusantara ini rasanya manis serta banyak pilihan rasa yang dapat kita buat dan kreasikan. Salah satu yang enak adalah kue bolu kukus cokelat. Silakan dicoba resep bolu kukus cokelat ini.
Bahan Membuat Kue Bolu Kukus:
tepung terigu 250 gram  ( protein sedang )
susu cair 200 ml
telur 3 butir
gula pasir 150 gram 
teh vanili bubuk 1/2 sdt  
emulsifier 15 gram 
coklat pasta 1 sdt
Cara membuat Bolu Kukus Coklat Mekar:
  • Campurkan tepung terigu,  gula pasir, emulsifier, dan vanili bubuk. KOcok lepas telur dengan susu cair masukkan ke dalam Adonan tepung. Aduk dengan mixer kecepatan tinggi sampai menjadi adonan yang kental dan mengembang sekitar 10 - 15 menit.
  • Membuat motif kue bolu kukus : Bagi adonan menjadi 2 bagian. Bagian pertama beri pasta coklat, aduk sampai rata.
  • Siapkan kertas cup, tuangkan satu sendok makan adonan putih sebagai dasar kemudian
  • ambil satu sendok makan adonan coklat tuang diatas adonan putih di cup tadi. 
  • Kreasikan sampai adonan memenuhi cup. isi seluruh cup sampai adonan habis. Masukkan cup ke dalam cetakan ( harus sama tinggi agar mekar ).
  • Panaskan kukusan, Masukkan cetakan ke dalam kukusan. alasi dengan kain bersih. Kukus kue bolu selama 15 menit. Angkat dan keluarkan kue dari cetakan. Siap disajikan
2. Resep Kue Basah | Kue Pukis Pandan Istimewa
Kue pukis pasti sudah banyak yang tahu, kue basah asal gombong ini memang enak dan manis. Teksturnya yang lembut dan empuk disukai anak anak sampai dewasa. Kue pukis istimewa disajikan bersama keluarga, berikut resep kue pukis pandan istimewa.
Bahan Membuat Pukis Pandan Istimewa:
terigu 250 gram (  protein tinggi )
gula pasir 150 gram 
telur 3 butir 
margarin 65 gram ( lelehkan )
emulsifier 1 sdt
Santan Kental Sedang 350 ml
pasta pandan 1/2 sdm
susu kental manis 50 ml 
ragi instant 1 sdt 
vanilla 1/2 sdt 
garam 1/4 sdt
coklat meses untuk taburan
Cara membuat Pukis Istimewa Pandan :
  • Kocok Telur dengan kecepatan tinggi bersama gula pasir, garam dan emulsifier sampai mengembang dan mengental. Tambahkan vanila, kocok sampai rata.
  • Masukkan tepung terigu yang sudah diayak terlebih dahulu secara berselang seling dengan santan sambil dikocok rata.
  • Tambahkan ragi instan aduk dengan sendok kayu. Tambahkan margarin cair sedikit sedikit lalu masukkan susu kental manis. Aduk rata kembali. Diamkan selama 30 menit.
  • OLesi cetakan dengan margarin, Panaskan cetakan pukis dengan api sedang. JIka sudah panas kecilkan api.
  • Tuangkan adonan pukis setinggi 3/4 cetakan. Tutup sebentar, kemudian selagi setengah matang taburkan coklat meses pada permukaan kue pukis. Tutup lagi tunggu sampai kue pukis matang dan kering.
  • Angkat, keluarkan dari cetakan olesi dengan margarin agar pukis tidak mengeras dan kering saat dingin. Sajikan kue pukis untuk keluarga tercinta :)
1. Resep Kue Basah | Resep Kue Putu Ayu
Dari semua resep kue basah diatas, kue putu ayu yang paling aku sukai. Karena rasanya yang enak dengan harum wangi pandannya membuat kue putu ayu begitu khas menggoda selera. Cara membuat putu ayu relatif mudah dan sederhana jadi tak perlu kesulitan untuk mencoba resep putu ayu ini. Berikut resep membuat putu ayu istimewa.
Bahan Membuat Kue Putu Ayu
tepung terigu 125 gr 
gula pasir 75 gr 
pasta pandan 1sdt
telur 2 butir  
garam 1 sdt 
emulifier 1 sdt
santan agak kental 100 ml ( didihkan )
Kelapa parut + garam ( kukus )
Cara Membuat Kue Putu Ayu :
  • Kocok telur dengan gula pasir, garam, serta emulsifier. Kocok hingga adonan mengembang. Setelah itu masukkan tepung terigu yang sudah diayak.
  • Tambahkan santan dan juga pasta pandan, aduk hingga adonan tercampur rata.
  • Siapkan cetakan kue putu ayu, isi dengan kelapa parutan kelapa sambil ditekan agar kelapa benar benar padat. 
  • Selanjutnya tuangkan adonan kue putu ayu sampai 3/4 cetakan.
  • Kukus kue putu ayu selama 15 menit. Angkat, keluarkan dari cetakan dan sajikan.
Demikian resep cara membuat aneka kue basah tradisional indonesia yang bisa anda coba. Untuk aneka kue basah tradisional lainnya bisa anda cari sendiri di website masak kue ini. Selain kue basah disini juga ada banyak aneka kue kering, kue tart, dan banyak lagi. Selamat mencoba membuat kue basah dan semoga bermanfaat.

0 ulasan:

Catat Ulasan