Ahad, 17 Mac 2013

Resep Burger daging Cincang

Resep Membuat Burger Daging Cincang Mudah Sederhana


resep cara membuat burger daging
Hamburger atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama roti burger merupakan Roti yang dibelah menjadi 2 bagian kemudian disajikan dengan isi keju, daging dan sayuran. Asal usul hambruger tidak begitu jelas karena roti ini sudah hampir mendunia dan banyak negara yang mengklaim bahwa burger berasal dari negara mereka sendiri.
Di indonesia juga terdapat  beberapa variasi jenis burger yang rasanya disesuaikan dengan lidah orang indonesia diantaranya adalah BLenger Burger dan Klenger Burger. Bahkan ada juga variasi burger tempe yang menggunakan tempe untuk menggantikan daging.
Hamburger mudah ditemukan di berbagai rumah makan cepat saji bahkan ada yang dijajakan secara keliling. Cara membuat burger relatif mudah dan cepat sehingga untuk mereka yang memiliki mobilitas cukup tinggi burger sering disajikan sebagai sarapan makan pagi dan untuk makan siang. Burger yang akan kita buat kali ini menggunakan roti goreng dan daging cincang yang kita buat sendiri agar lebih sehat. Berikut Resep Membuat Hamburger daging cincang.

Bahan Roti Hamburger
tepung terigu 250 g ( protein tinggi )
tepung terigu  750 g ( protein sedang )
ragi instan 11 g
bread improver 5 g
gula pasir  150 g
gula bubuk 75 g
garam 10 g
kuning telur 6 butir + air 500 ml ( campurkan )
mentega 50 g
margarin 150
air 200 ml
tepung roti 150 g
minyak padat untuk menggoreng
Bahan isi Burger
daging cincang 400 g
tepung roti 25 g
bawang bombay 1 buah ( cincang halus )
dijon mustard 1 sdm
worchestershire souce 1 sdm
garam secukupnya
merica bubuk secukupnya
minyak zaitun secukupnya ( untuk menggoreng )

Bahan pelengkap Burger
mayones
saus tomat
keju lembaran
daun selada
acar timun
Cara membuat Hamburger enak

  • Campurkan tepung terigu, ragi, bread improver, gula dan garam. Kocok dengan mixer hingga halus.
  • tambahkan campuran kuning telur dan air sedikit demi sedikit sambil diselingi mentega dan margarin. aduk sampai adonan kalis sekitar 15 menit. Biarkan sekitar 45 menit agar mengembang.
  • Potong dan timbang adonan dengan berat @50 g kemudian pulungi bulat diamkan agar mengembang selama 10 menit. Setelah itu lumuri dengan air dan tepung roti.
  • Goreng dalam minyak padat panas yang sudah mencair dengan api sedang sampai bewarna kuning kecoklelatan. Angkat dan tiriskan.
  • Isi Roti : campurkan semua bahan isi jadi satu, aduk rata.  Dari adonan tersebut buat bulat sebanyak 40 buah. Panaskan minyak zaitun pada wajan anti lengket. goreng campuran daging sampai kuning kecokelatan dan matang.
  • Penyelesaian : belah roti menjadi 2 bagian. Isi dengan daun selada, tumpuk dengan daging,  keju lembaran, dan irisan acar timun. Semprotkan mayones dan saus tomat diatasnya. Tutup dengan roti kembali. Roti siap dihidangkan
Mudah sekali bukan membuat hamburger daging cincang ini.  Membuat burger sendiri selain lebih hemat juga pasti lebih sehat dari pada harus membeli diluar. Burger ini juga sangat pas buat bekal anak maupun keluarga. Selamat mencoba resep membuat burger daging cincang dirumah. Semoga bermanfaat

0 ulasan:

Catat Ulasan