Ahad, 10 Mac 2013

Aneka Macam Kue Kukus

5 Resep Membuat Aneka Kue Kukus Enak dan Spesial

Aneka kue kukus memang terkenal dengan rasanya yang legit dan enak sehingga tak heran jika kue kue kukus ini banyak disukai. aneka macam kue kukus termasuk jenis kue basah karena teksturnya yang lembut dan basah .
Indonesia memiliki berbagai jenis kue kukus tradisional sampai kue kukus modern. Diantara menu kue kukus tradisional di Indonesia yang terkenal adalah kue bolu kukus, kue lapis kukus, kue pepe, dan masih banyak lagi. Kue kukus tradisional indonesia memeng memiliki kelezatan yang luar biasa terjaga cita rasanya sepanjang zaman sepanjang masa. Selain kue kukus tradisional di indonesia juga dikenal berbagai jenis kue kukus modern seperti kue brownies kukus dan black forest kukus yang banyak disukai terutama kaula muda.

Ada yang beranggapan membuat kue kukus itu susah dan repot, tapi sebenarnya membuat cake kukus sebenarnya tidaklah susah bahkan bisa dibilang lebih mudah dari membuat kue kering asalkan kita sering praktek bikin cake kukus. Bagi anda yang mencari resep kue kukus, anda bisa mencoba resep membuat kue  kukus ini. Ada banyak jenis kue kukus tapi kali ini cukup lima resep cake kukus saja dulu yah. Berikut resep membuat aneka kue kukus tradisional dan modern yang enak dan istimewa.


1. Kue Lapis Kukus Coklat Putih
Kue Lapis kukus coklat putih ini sebenarnya kue bolu lapis mirip seperti kue lapis surabaya.  Rasanya enak dan legit. Berikut resep kue kukus lapis coklat putih selengkapnya
Bahan Kue Lapis coklat
tepung terigu 50 g
gula pasir 150 g
telur ayam 5 butir
coklat bubuk 50 g
margarin 75 g lelehkan
Bahan Kue Lapis Kukus putih
tepung terigu 100 g
gula pasir 100 g
putih telur 250cc
air matang 50 cc
margarin 50 g ( lelehkan )
Coklat meses sesuai selera


Cara Membuat Kue Lapis Kukus Coklat Putih

  • Lapis Coklat : Kocok telur ayam dengan gula hingga mengembang kemudian masukkan tepung terigu, coklat bubuk dan margarin. Aduk sampai rata. sisihkan
  • Lapis putih : Kocok putih telur dengan gula pasir hingga menjadi adonan yang kaku. tambahkan tepung terigu, margarin dan air. aduk sampai rata.
  • Siapkan loyang lalu alasi dengan kertas roti, masukkan setengah bagian adonan cokelat lalu kukus selama 5 menit, kemudian tuangkan adonan lapis putih taburkan coklat meses. Kukus kembali selama 15 menit hingga seluruh bagian kue lapis kukus matang. Angkat dan keluarkan dari cetakan.
  • Potong kue lapis kukus coklat putih untuk disajikan
2. Resep Black Forest Kukus Istimewa
Siapa yang tidak tahu kue black forest, cake coklat lembut yang terkenal enak dan lezat ini bisa kita buat di rumah untuk berbagai acara spesial seperti ulang tahun atau sekedar teman santai. Berikut resep membuat Black Forest Cake kukus.
Bahan Membuat Black Forest Kukus
tepung terigu 300gr ( protein sedang )
telur 3 butir
Emulsifier 1 sdt
baking powder 1 sdm 
susu cair 1 gelas 
coklat bubuk 2 sdm 
susu bubuk  coklat 2 sdm
vanili bubuk 1 sdt
gula halus 200gr 
minyak sayur 3 sdm 
Coklat masak secukupnya
Whiping cream
Sirup simple untuk olesan
buah cherry untuk hiasa
Cara buat Kue Black Forest Kukus Istimewa :
  • Campurkan tepung terigu dengan gula halus, coklat bubuk, susu coklat bubuk, vanili serta baking powder. Ayak dan sisihkan.
  • Kocok telur dengan emulsifier menggunakan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang. Kemudian tambahkan susu cair dan campuran tepung sedikit demi sedikit lalu kocok dengan kecepatan sedang sampai tercampur rata. Tambahkan minyak sayur aduk sampai tercampur rata.
  • Olesi loyang dengan margarin dan taburi dengan sedikit tepung, kemudian tuangkan adonan black forest coklat kedalam loyang. Kukus selama 25 menit sampai matang. Angkat.
  • Agar lebih cantik dan menggoda hiasi kue black forest kukus dengan whipped cream, olesi dengan simple sirup dan hiasi dengan buah cherry.
3. Resep Bolu Kukus Pandan Zebra
Kue bolu pandan sangat digemari dan mudah kita jumpai karena selain enak Bolu kukus ini mudah dan sederhana untuk dibuat. Kue bolu bisa dihias untuk dijadikan kue ulang tahun maupun kue lebaran  Berikut ini resep kue bolu kukus pandan zebra yang merupakan variasi dari jenis kue bolu pandan.
Bahan Membuat Bolu Kukus Pandan Zebra
terigu 200 gr  ( protein sedang )
gula pasir 200 gr 
santan 200 ml 
telur 2 butir
emulsifier 1 sdt 
ekstrak vanilla  secukupnya
pasta pandan 1 sdt 
Cara membuat Bolu Kukus Pandan zebra :
  • Kocok telur dengan gula pasri dan emulsifier sampai adonan mengembang dan pucat. lalu Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.Tambahkan santan dan ektrak vanila, aduk rata.
  • Bagi adonan kue bolu kukus yang satu bagian dikasih pasta pandan satunya biarkan saja.
  • Ambil satu sendok sayur adonan bolu, tuangkan secara bergantian ke loyang bundar sampai adonan habis.
  • Kukus selama 30 menit atau sampai matang. Angkat dan dinginkan.
  • Potong kue kukus pandan untuk disajikan.
4. Brownies Kukus Chocolate putih
Rasa kue brownies memang istimewa apalagi jenis kue brownies kukus, rasanya tuh woww banget. Kalau kemarin membuat kue brwonies coklat kukus, berikut ini ada resep membuat kue brownies kukus putih spesial.
Bahan Membuat Brownis Coklat Putih
Tepung terigu 100 gr  ( protein sedang )
susu bubuk 30 gr ( 1 1/2 sdm )
Gula Pasir 100 gr 
telur ayam 2 Butir 
Emulsifier 1/2 sdt
Margarin 100 gr ( lelehkan )
Coklat masak putih 50 gr ( lelehkan dengan di tim )
Baking Powder 1/2 sdt 
Whipped cream kocok (Optional).
Cara Membuat Brownies Kukus Putih Coklat:
  • Campurkan tepung terigu, susu bubuk dan baking powder jadi satu, ayak halus.
  • Lelehkan Margarin, tunggu uapnya hilang, campur menjadi satu dengan lelehan coklat, Aduk hingga rata, kemudian sisihkan. Tambahkan campuran tepung, aduk dengan spatula sampai rata.
  • Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan kertas roti, masukkan adonan brwonies putih ke dalam loyang.
  • Panaskan dandang, bungkus tutupnya dengan kain bersih. Kukus Kue Brownies selama kurang lebih 45 menit sampai matang ( lakukan tes tusuk dengan lidi ). Angkat dan dinginkan.
  • Potong kue brownies kukus coklat putih untuk disajikan. Hiasi dengan whipped cream dan buah.
Kue Pepe Pelangi
Kue pepe ini tergolong jenis jajanan pasar, tekturnya kenyal dan lembut karena kue terbuat dari singkong atau tepung kanji. kue tradisional kukus ini nikmat dijadikan teman minum teh saat santai. Berikut resep kue kukus pepe pelangi.
5. Bahan Membuat Kue Pepe Pelangi
Tepung kanji 500 g
kelapa 2 butir untuk santan 1 liter
daun jeruk purut 5 lmbr
daun pandan 3 lmbr
garam 1 sdt
gula pasir 500 g
Pewarna makanan hijau muda, biru mudah dan kuning
Cara Membuat Kue Pepe Pelangi Kukus
  • Masak santan dengan daun jeruk, daun pandan, gula pasir serta garam dengan api sedang sambil terus diaduk hingga adonan mendidih, angkat lalu saring. sisihkan, Biarkan hangat kuku
  • Masukkan tepung ke dalam wadah, tuangi dengan air adonan santan hangat sedikit sedikit harus terus di aduk agar adonan tidak menggumpal. Aduk sampai menjadi adonan yang licin.
  • bagi adonan menjadi empat, beri warna yang berbeda pada tiga bagian adonan satunya biarkan saja.
  • Tuangkan satu sendok sayur adonan hijau ke loyang yang telah diolesi minyak goreng. Kukus selama 5 menit ( panaskan kukusan terlebih dahulu).
  • Tuangkan adonan warna kuning diatas adonan merah, kukus selama 5 menit, lakukan hal yang sama untuk adonan putih dan biru. hingga adonan habis.
  • Kukus lagi adonan kue pepe sekitar 30 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan.
Dari kelima resep cake kukus tersebut mana yang paling anda suka?Kalo saya si suka kue browniesnya :) Demikian lima aneka resep kue kukus yang bisa anda coba. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

0 ulasan:

Catat Ulasan